Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi Informasi

Pengertian teknologi informasi, dari tatanan bahasa definisi mudah diingat, sampai dengan "bagaimana sebuah informasi, bisa sampai ke layar monitor perangkat komunikasi?".


Data dan Informasi

teknologi informasi
Bahan dasar sebuah informasi adalah data. Misalnya data diri pribadi, setelah dilakukan proses teknik pengumpulan data, akan terkumpul puluhan, ratusan, ribuan hingga jutaan data diri pribadi, tentunya proses pengumpulannya sendiri bisa dilakukan dengan cara manual atau dengan bantuan alat pengumpul data.

Sekumpulan bahan dasar data diri pribadi tersebut, apabila dilakukan proses pengolahan data, akan menghasilkan beragam informasi besaran nilai jumlah, seperti contoh berikut :

*  dalam kelompok usia : berapa jumlah data diri yang memiliki usia diatas 18 tahun, dan seterusnya.

*  dalam kelompok gender : berapa jumlah data diri gender pria dan atau wanita.

*  dalam kelompok lokasi : berapa jumlah data diri yang bermukim di propinsi Jawa Timur, dan seterusnya.

Artinya bahan dasar data diri, setelah melalui proses dikumpulkan dan diolah, akan menghasilkan informasi. Jadi informasi adalah output atau hasil dari proses teknik pengumpulan data dan pengolahan data.


Teknologi informasi

Tentang teknik pengumpulan data, dan cara pengolahan data, hingga akhirnya menjadi informasi, dan bagaimana cara distribusi informasi, dapat dikelompokkan sebagai berikut :

*  Secara manual dengan mencatat, menghitung dan mengelompokkan hasil perhitungan dalam kelompok yang diinginkan, hal ini informasi yang diperoleh adalah informasi tanpa menggunakan teknologi atau bisa dikatakan teknologi manual.

*  Dengan alat bantu komputer, namun terbatas untuk kebutuhan pribadi, maka informasi yang diperoleh adalah informasi yang sudah menggunakan teknologi digital.

*  Informasi dari hasil teknologi yang tersimpan pada media digital, apabila proses distribusi masih dikirim via pos atau jasa kurir, hal ini informasi hasil teknologi digital yang "belum" menggunakan teknologi informasi.

*  Distribusi teknologi digital dengan menggunakan sistem jaringan distribusi yang terhubung antar perangkat komputer dalam lingkup lokasi terbatas, maka informasi yang dihasilkan "telah" menerapkan teknologi informasi.

*  Selanjutnya perkembangan kebutuhan distribusi informasi lingkup jaringan yang dibutuhkan semakin meluas, dari lokasi terbatas (lokal), menjadi kebutuhan distribusi informasi regional, nasional dan global.



Kunci pemahaman tentang pengertian teknologi informasi diatas, memberikan penjelasan berupa peran perangkat alat bantu proses pelaksanaan teknik pengumpulan data dan pengolahan data, serta peran media penyimpanan digital, dilengkapi peran utama perangkat jaringan distribusi informasi, disesuaikan dengan tingkat kebutuhan penyebaran distribusi informasi, sesuai lingkup luas sebaran kebutuhan.

Baca : Membuat Blog Responsive

Semoga bermanfaat.