Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Blog Responsive

Web Responsive

Kebutuhan membuat blog web responsive muncul, pada saat menerima beberapa email masuk, mempertanyakan tentang blog middlesoft masih memiliki penampilan kurang menarik, tatkala blog dicoba untuk diakses via perangkat seluler, selain laptop atau desktop.

Setelah mencoba melakukan akses blog middlesoft, dengan menggunakan perangkat seluler, ternyata memang benar, bahwa penampilan blog middlesoft, terlalu lebar dibandingkan layar monitor perangkat seluler. 

Bagaimana cara membuat web responsive ?, bagaimana merubah website menjadi versi mobile ?.

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat web responsive, mengusahakan untuk mencari informasi tentang beberapa pengertian, beberapa jawabannya adalah sebagai berikut :

Web responsive adalah website dan blog yang dapat menyesuaikan lebar, tinggi, besar atau kecil tulisan secara otomatis sesuai, dengan media tempat website dan blog ditampilkan.

Media tempat tampil website dan blog, adalah beragam perangkat seluler atau gadget, misalnya laptop, desktop, tablet, smartphone, dan masing-masing perangkat gadget memiliki ukuran resolusi layar (resolution pixels per inch) berbeda satu sama lainnya, misalnya ada yang 1680x1050, 1024x768, 768x1024, 320x420 dll, pada intinya bahwa web responsive adalah website atau blog ramah terhadap beragam media perangkat gadget.

Pengertian resolusi layar, adalah jarak kerapatan antara satu pixel dengan pixel lain, pada media layar monitor. Pengertian pixel adalah berarti titik. Media layar monitor beragam perangkat gadget, terdiri dari kumpulan titik-titik letaknya sangat rapat, sehingga tidak mudah melihatnya, dan kumpulan titik-titik (pixel) ini, dapat menampilkan citra tulisan atau citra gambar, seperti terlihat pada layar monitor.

Kerapatan atau konsentrasi titik pada layar monitor, menentukan seberapa halus gambar dihasilkan, semakin banyak titik (pixel) dengan luas lebar media perangkat, memberikan efek citra semakin halus ditampilkan, dan hal ini disebut sebagai media perangkat gadget dengan resolusi tinggi.

Apabila diantara pembaca budiman memiliki blog atau website, dan ingin melakukan test, untuk mengetahui apakah blog atau websitenya sudah memiliki kategori web responsive?, maka test website Anda, cukup satu langkah mudah yakni, dengan cara submit url address atau masukkan alamat url website atau blog Anda.


web responsive

Kebutuhan untuk membuat blog web responsive, telah menjadi kenyataan, dan blog middlesoft sudah cukup ramah dengan beragam model perangkat seluler, selain laptop atau desktop, dan kini silahkan para pembaca budiman untuk mengakses blog middlesoft melalui perangkat seluler atau gadget, fasilitas navigasi menu, tentunya dapat membuat lebih nyaman.

Baca : Cara Keluar Dari Google Sandbox

Semoga bermanfaat.